Cara Jadi Orang Kaya ala Orang Cina

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan Kami bahwa cara orang Cina berdagang agak berbeda dengan kaum dan bangsa yang lain. Mereka mempunyai pandangan, cara, konsep, dan falsafah dagang tersendiri. Orang Cina jarang berbagi petuah dan rahasia berdagangnya pada orang lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemapanan secara finansial adalah capaian hidup yang banyak dikejar oleh manusia masa kini. Masing-masing dari kita mungkin berencana untuk bekerja di perusahaan ternama demi mendapat gaji mumpuni.

Sementara sebagian lainnya akan mencoba peruntungan dengan merintis bisnis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidup .Padahal jika ditelaah lebih jauh lagi, besarnya pemasukan besar satu-satunya cara untuk menjadi kaya.

Teman-teman kita dari etnis Cina telah membuktikan bahwa apabila kita ingin mencapai kemapanan finansial, kita harus memiliki trik tersendiri dalam mengatur keuangan kita. Dengan cerdas mengatur keuangan keinginan untuk mapan secara finansial lebih mudah tercapai daripada hanya sekedar bergaji besar.

Nah untuk memahami seperti apa sih cara jadi kaya ala orang Cina? dalam tulisan kali ini Kami akan mengulas cara etnis ini mengatur keuangan mereka.

Berikut Cara Kaya ala Orang Cina

  • Pekerja keras dan pantang menyerah
    Filosofi kaya ala Cina lainnya yang bisa kita contoh adalah mereka mau bekerja keras demi mendapatkan apa yang diinginkan. Teman-teman dari etnis Cina tidak pernah malu meniti karir dari bawah jika memang hal tersebut dibutuhkan.
    Kemauan bekerja dari bawah ini juga berguna untuk membuat mereka lebih menghargai uang jika sukses nantinya. Dengan merasakan jatuh-bangunnya mencari uang atau merintis bisnis mulai dari kecil membuat orang Cina kelak tidak akan sembarangan menggunakan harta untuk bersenang-senang.
  • Sebisa mungkin untuk menghindari hutang
    Mungkin sebagian besar dari kita hingga saat ini masih mau berhutang bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Misalnya saja Anda membeli ponsel seri terbaru dengan cara kredit hanya karena teman-teman dipergaulanmu menggunakannya.
    Padahal jika dilihat dari segi kebutuhannya, Anda jelas tidak memerlukan ponsel tersebut. Anda rela “membuang” uang hanya untuk meningkatkan prestige di mata teman-teman. Hal berbeda justru terjadi pada teman-teman dari etnis Cina.
    Mereka anti berhutang hanya untuk keinginan semata. Mereka lebih suka berhutang untuk kepentingan mendesak atau jika bila ingin berinvestasi. Sementara untuk kebutuhan bersenang-senang mereka akan memilih barang atau hal yang harganya sesuai dengan budget yang memang tersedia.
  • Selalu Menabung
    Salah satu kunci keberhasilan keuangan etnis Cina adalah mereka senantiasa menabung sebanyak 50% dari total pendapatan yang dipunya setiap bulannya. Etnis Cina percaya bahwa dengan menabung setengah dari seluruh pendapatan yang mereka punya dapat menjamin kelangsungan hidup ke depannya.
    Memakai uang sesuai kebutuhan serta sikap enggan berfoya-foya inilah yang menjadikan etnis Cina selalu terjaga keuangannya. Haram hukumnya bagi etnis Cina untuk memakai uang secara berlebihan. Mereka sebisa mungkin akan mengatur uang keuangan agar uang yang ada tidak terbuang secara sia-sia.
  • Tawar-menawar dan cermat sebelum membeli sebuah barang
    Mungkin Anda akan sedikit terkejut mendengar bahwa orang Cina sangat gemar menawar demi mendapat harga terbaik. Mereka tidak akan ragu dan gengsi menawar harga sebuah barang yang diinginkan demi mendapat harga yang menurut mereka paling sesuai. Mereka tahu caranya membelanjakan uang dengan cara yang cerdas.
    Sebelum akan membeli AC baru misalnya, mereka akan mencari tahu merek apa yang memberikan spesifikasi terbaik dengan harga paling realistis. Selain itu mereka juga menghitung dengan cermat biaya maintenance yang dibutuhkan.
    Mulai dari biaya perawatan sampai dengan listrik yang diperlukan. Teman-teman dari etnis Cina lebih suka membeli AC yang sedikit lebih mahal asal jika dihitung dari biaya perawatan lebih murah dibandingkan AC murah tapi biaya perawatannya mahal.
  • Bangun relasi dengan baik
    Orang Cina sesungguhnya akan menjalin relasi baik dengan semua orang. Hanya saja dengan pihak-pihak yang dianggap bisa memberi keuntungan lebih, mereka akan berusaha membangun hubugan lebih baik lagi.
    Orang Cina percaya bahwa setiap orang akan memberi keuntungan berbeda dan dari sanalah mereka akan menentukan sikap. Pada atasan atau relasi bisnis yang menjanjikan orang Cina tidak akan segan mentraktir atau menjamu mereka untuk makan.
    Harapannya adalah dengan cara ini kelak sang atasan atau relasi bisnis mengingat kebaikan tersebut dan membalasnya apabila orang yang bersangkutan membutuhkannya. Relasi yang baik adalah salah satu bentuk investasi yang begitu dijaga oleh orang dari etnis Cina.
  • Konsisten melakukan manajemen
    Poin terakhir yang paling penting Anda ingat bila ingin sekaya teman-teman dari etnis Cina adalah sikap konsisten menjalani semuanya. Dengan sikap konsisten, kelak kemapanan finansial pasti tercapai. Anda tidak akan bisa kaya jika hanya menabung selama dua atau tiga bulan pertama dan sisanya hidup berfoya-foya.
    Sebaliknya Anda perlu bersikap konsisten setiap bulannya untuk mencapai kemapanan finansial yang diinginkan. Jangan pernah tergoda untuk hidup mewah jika memang Anda tidak mampu.
    Selain itu manfaatkanlah uangmu untuk berinvestasi daripada sekadar berfoya-foya. Percayalah dengan hidup sederhana dan cerdas dalam mengelola uang secara konsisten kelak Anda akan sampai pada situasi keuangan yang mapan.

Pada akhirnya kecerdasan mengatur uang yang kita terima adalah kunci utama jika ingin mencapai kemapanan finansial. Tanpa adanya kecerdasan tersebut sebesar apapun gaji atau pendapatan yang kita terima semuanya akan berakhir sia-sia. Nah jika kita juga ingin sesukses teman-teman kita dari etnis Cina soal finansial, bisa nih mulai dari sekarang mengaplikasikan manajemen uang yang mereka punya.

Sekian artikel tentang Cara Jadi Orang Kaya ala Orang Cina, jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin softwaretoko.net Kami via Phone/SMS/WA/Line: 082322522453 / 082391280137.


Silahkan coba terlebih dahulu sebelum membeli program kasir/software minimarketProgram Kasir KomputerProgram Kasir Restoran dan software toko produk Kami. 

Jika anda tertarik ingin mencoba versi trialnya secara langsung, silahkan download demo softwarenya di bawah ini
 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*